Keuntungan dan kerugian dari Jejaring Sosial

Keuntungan dan kerugian dari Jejaring Sosial

Posted on

Salah satu tren terbaru karena perkembangan teknologi internet adalah media sosial. Media sosial sangat populer di berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga mereka yang sudah lanjut usia. Beberapa orang menggunakan media sosial sebagai media kampanye, atau sebagai media untuk meningkatkan popularitas pribadi. Ada juga yang menggunakannya sebagai media penjualan dan bisnis lainnya. Ini runtuh dari banyak manfaat media sosial, tetapi harus diakui bahwa media sosial juga memiliki banyak kelemahan.

Pada artikel sebelumnya, kita berbicara tentang kelebihan dan kekurangan dari internet. Sekarang kami akan menjelaskan apa manfaat media sosial atau jejaring sosial dan kelemahannya. Semoga artikel ini bermanfaat.

KEUNGGULAN JARINGAN SOSIAL

1. Komunikasi

Dengan jejaring sosial, sekarang lebih mudah bagi semua orang untuk berkomunikasi secara terbuka dengan siapa pun dan di mana pun. Artinya, ini memberikan peluang untuk mendapatkan informasi cepat dari berbagai belahan dunia. Fungsi jejaring sosial sebagai media informasi yang cepat.

2. Memberikan peluang

Salah satu kelebihan menggunakan jejaring sosial adalah memudahkan seseorang untuk mendapatkan banyak peluang dan ide dari teman di berbagai tempat. Dalam dunia bisnis, jejaring sosial bermanfaat, ketika semua orang selalu terhubung satu sama lain, peluang untuk memajukan bisnis sangat baik.

3. Audiens yang luas

Jejaring sosial dapat menjangkau banyak komunitas dan dapat secara luas memberikan informasi kepada dunia. Berbagai pengumuman dapat dilakukan dengan sangat tepat melalui jejaring sosial. Dengan media sosial, kita dapat menghemat banyak waktu dan energi dan bahkan biaya. Melalui media sosial, iklan juga dapat ditampilkan baik melalui halaman pribadi atau secara berbayar. Secara umum, media sosial dapat membantu pengembangan bisnis dengan cepat.

4. Bermain jejaring sosial sangat menyenangkan

Menggunakan media sosial atau jejaring sosial memberikan kesenangan tersendiri. Di Amerika, rata-rata mereka menghabiskan sekitar 35 hingga 45 menit sehari. Mungkin Anda mengatakan ini sebagai kecanduan, tetapi jika Anda menggunakannya untuk hal-hal berguna seperti mendapatkan informasi atau membangun bisnis Anda, ini bukan sesuatu yang sia-sia. Jadi, menghabiskan beberapa menit di media sosial adalah normal, bahkan manusia adalah makhluk sosial. Jadi wajar bagi mereka untuk berhubungan dan berinteraksi satu sama lain di media sosial, terutama dengan teman yang jauh atau dengan keluarga yang jauh.

5. Jejaring sosial dapat mengembangkan merek bisnis

Jejaring sosial tidak hanya sarana untuk berkomentar yang menyenangkan tetapi juga sebagai media untuk membangun dan mengembangkan pemasaran perusahaan. Banyak perusahaan besar menggunakan jejaring sosial untuk ini. Jejaring sosial juga dapat digunakan untuk menjual produk secara langsung atau dengan mengarahkan pembeli ke halaman perusahaan.

Sekarang tidak hanya perusahaan besar yang memanfaatkan keberadaan jejaring sosial, tetapi juga perusahaan kecil juga mulai bergerak dari sini. Bisnis rumahan juga sangat menguntungkan dengan memanfaatkan jejaring sosial, mereka bahkan dapat bertahan dan berkembang dari sini. Tidak sedikit perusahaan rumahan yang berhasil menjadi perusahaan besar berkat jejaring sosial.

6. Membantu siswa dalam proses pembelajaran di sekolah

Salah satu kelebihan jejaring sosial adalah membantu siswa untuk tampil lebih baik di sekolah. Ada 3 dari 5 siswa yang mengatakan bahwa mereka mendiskusikan topik pendidikan di jejaring sosial ketika ada akses ke internet. Kebanyakan dari mereka juga dapat berkonsultasi dengan teman-teman mereka tentang pendidikan sekolah, sehingga memudahkan untuk mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan.

8. Jejaring sosial membantu menghubungkan orang yang pemalu untuk berinteraksi dengan orang lain

Keuntungan lain menggunakan media sosial adalah mereka dapat mengurangi rasa malu dengan seseorang ketika berhadapan langsung, ini karena dia sudah berinteraksi di media sosial. Tentu saja di media sosial, kita tidak malu untuk berkomunikasi, tidak seperti dunia nyata. Nah, ketika interaksi sering terjadi di media sosial, ia tidak akan malu lagi ketika berhadapan langsung.

Artinya, menggunakan jejaring sosial dapat membuatnya lebih ramah dan nyaman dalam berinteraksi.

Banyak anak, orang tua, dan remaja tidak pandai bersosialisasi seperti beberapa orang, dengan jejaring sosial mereka dapat dibantu. Jadi, berinteraksi di jejaring sosial memberikan kenyamanan, membuat seseorang lebih percaya diri dan berani mengeluarkan ide.

9. Orang lanjut usia dapat lebih terhubung dengan banyak orang berkat jejaring sosial.

Para lansia merasa kehadiran jejaring sosial sangat membantu mereka dalam berkomunikasi dengan dunia luar. Mereka dapat berinteraksi dengan keluarga mereka, anak-anak jauh atau hanya untuk menghibur diri mereka sendiri dengan melihat gambar-gambar lucu, video dan berbagai berita terbaru di berbagai tempat.

Pada 2008, hanya 2% lansia yang menggunakan jejaring sosial. Namun sekarang, ini telah tumbuh hingga 35% pada tahun 2015. Perkembangan ini terjadi berkat banyak manfaat jejaring sosial.

KERUGIAN JARINGAN SOSIAL

Tidak hanya manfaat yang diperoleh, tetapi media sosial juga membawa banyak bahaya dan kerugian, termasuk yang berikut:

1. Peretasan

Peretas atau penjahat internet selalu ada di mana-mana, termasuk di jejaring sosial. Mungkin bagi mereka untuk mengirim spam atau tautan jahat melalui kotak masuk, banyak pengguna jejaring sosial secara tidak sengaja menjadi korban mereka.

Serangan virus juga sangat mungkin terjadi melalui jejaring sosial, komputer yang tidak dilindungi oleh anti-virus berpotensi terkena serangan ini.

2. Pencurian data

Pencurian data seperti email, identitas, nomor akun, dan lain-lain sering terjadi di dunia online. Jadi, siapa pun yang bermain di dunia ini tanpa batas harus hati-hati menggunakan identitasnya dan hal-hal yang berkaitan dengan akun keuangannya.

3. Pemborosan waktu

Selain menggunakan jejaring sosial sebagai media bisnis dan perhotelan, banyak juga yang hanya menggunakan jejaring sosial sebagai wahana bersantai atau bermain game. Ini akan membuang-buang waktu tanpa nilai. Sebenarnya, jejaring sosial digunakan untuk membangun profil atau mengembangkan kreativitas untuk tidak mengabaikan sesuatu yang tidak penting bagi kemajuan diri sendiri.

2. Masalah keamanan privasi

Ada miliaran data yang ada di jejaring sosial, ini menyebabkan privasi seseorang berkurang setiap hari. Grup yang akan setuju saat mendaftar di jejaring sosial terkadang menyertakan izin untuk menggunakan data Anda tanpa atribusi, seperti menggunakan gambar Anda atau data lainnya.

Jika Anda membagikan lokasi Anda di jejaring sosial, mungkin Anda bisa menjadi target kejahatan. Bahkan, jika Anda berbagi sesuatu yang tidak disetujui oleh atasan Anda, Anda dapat dipecat dari pekerjaan.

4. Sebahagian mengubah kejahatan online menjadi offline

Ketika Anda bertemu seseorang secara online, bukan tidak mungkin hubungan Anda akan terus offline. Ketika Anda bertemu secara nyata, ada banyak hal yang bisa terjadi jika Anda tidak mengenal teman Anda secara detail. Anda dapat diperkosa, dirampok, atau diculik oleh mereka yang memiliki kepentingan. Jadi, kurangnya perhatian menggunakan jejaring sosial bisa berakibat fatal.

5. Jejaring sosial dapat bertindak sebagai gangguan bagi sebagian orang

Tahukah Anda, jika seseorang terganggu oleh media sosial yang digunakan, maka dibutuhkan 25 menit untuk bisa kembali fokus pada tugas awal. Seberapa sering Anda melihat jejaring sosial, memeriksa Facebook, memeriksa Aplikasi Apa atau jejaring sosial lainnya, berapa jam yang Anda habiskan di sana dan berapa jam yang diperlukan untuk fokus kembali pada tugas asli Anda. Anda bisa kehilangan 70 jam atau bahkan lebih dalam sebulan.

Ada beberapa cara untuk menghindari terlalu sering memeriksa jejaring sosial Anda. Coba matikan notifikasi jejaring sosial di ponsel Anda.

6. Ganggu siklus tidur Anda

Salah satu kelemahan jejaring sosial adalah mengganggu tidur Anda. Ketika Anda tidur, apakah Anda langsung tertidur?, Tidak. Anda pasti akan memeriksa jaringan sosial Anda lagi di ponsel. Nah, ketika otak terpapar dengan jejaring sosial, maka anda akan sangat sulit untuk tidur, otak Anda menekan Anda untuk terus membuka jejaring sosial daripada harus tidur.

Jadi, otak Anda akan merangsang Anda untuk terus menunggu apa yang dikomentari teman-teman Anda di jejaring sosial, meskipun Anda harus tidur, tetapi otak Anda memaksa Anda untuk tidak tidur. Ini sangat merusak hidup Anda dalam hal kesehatan tubuh Anda.