Keuntungan dan Kerugian dari Cloud Computing

Keuntungan dan Kerugian dari Cloud Computing

Posted on

Cloud computing adalah kemajuan teknologi yang membawa keuntungan besar di dunia bisnis. Namun, tidak ada perkembangan yang sempurna, di tengah kelebihannya, selalu ada kekurangan yang menyertainya. Baca artikel ini untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan komputasi awan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan dari teknologi bisnis yang Anda kelola.

Cloud computing adalah istilah yang digunakan untuk menyebut penyimpanan data dan akses melalui internet. Dalam teknologi ini, tidak ada data yang disimpan di hard drive, tetapi semuanya disimpan dalam komputasi awan dan dapat diakses dari jarak jauh. Pada artikel ini, kita akan berbicara tentang manfaat yang diberikan oleh teknologi cloud computing.

Keuntungan dan Kerugian dari Cloud Computing

#Keuntungan Cloud Computing

1. Kecepatan tinggi

Dengan teknologi ini, Anda dapat menggunakan layanan ini dengan sangat cepat hanya dalam beberapa klien. Penempatan data yang akurat ini memungkinkan pengguna internet untuk mengakses sumber daya hanya dalam beberapa detik.

2. Cadangkan dan pulihkan data

Kelebihan komputasi awan juga dapat membuat cadangan data dan memulihkannya. Data yang disimpan di cloud mudah di bakcup dan dipulihkan jika diperlukan. Tetapi sebaliknya, sebelum menggunakan cloud computing, ini sangat sulit dilakukan.

3. Terintegrasi secara otomatis

Integrasi perangkat lunak adalah sesuatu yang terjadi secara otomatis dalam komputasi awan. Jadi, pengguna tidak perlu melakukan penyesuaian atau mengintegrasikan aplikasi secara manual.

4. Kolaborasi

Teknologi ini membantu karyawan yang berada di berbagai daerah untuk dapat bekerja sama dengan sangat mudah dan nyaman.

5. Hemat biaya

Keuntungan terbesar dalam teknologi cloud computing adalah penghematan biaya yang sangat signifikan. Bisnis adalah bentuk bisnis yang dilakukan dengan tujuan mendapatkan keuntungan atau uang, apakah jenis bisnis yang Anda jalankan selalu bertujuan untuk mendapatkan uang sebanyak mungkin dan menghabiskan modal sesedikit mungkin. Teknologi komputasi awan sangat hemat biaya. Anda hanya membayar untuk apa yang Anda gunakan dan dapat berhenti kapan pun Anda mau. Jadi, layanan cloud tidak hanya untuk bisnis besar karena bisnis kecil dapat dan dapat menggunakan layanan ini.

6. Kapasitas penyimpanan tidak terbatas

Menggunakan cloud akan mendapatkan kapasitas penyimpanan tanpa batas. Anda dapat memperluas kapasitas kapan saja jika diperlukan, untungnya Anda hanya membayar biaya bulanan yang kecil dan terjangkau.

7. Keandalan

Keuntungan lain dari menggunakan cloud computing adalah ia dapat diandalkan dan lebih konsisten daripada infrastruktur TI in-house. Layanan yang diberikan biasanya memenuhi jaminan 24/7/365 plus ketersediaan 99,99%. Manfaat lain adalah kemudahan mentransfer ke server lain jika server gagal.

8. Ujung Strategis

Sistem cloud computing juga memberikan keunggulan kompetitif dibandingkan dengan pesaing Anda. Waktu yang Anda butuhkan untuk menyediakan TI hampir nol. Anda sangat beruntung menggunakan strategi terbaru ini. Cloud computing sangat ekonomis dan membuat Anda hanya bisa fokus pada bisnis Anda tanpa perlu khawatir tentang teknologi yang Anda gunakan. Sangat menghemat waktu Anda dalam memasarkan bisnis Anda.

Baca juga: Mobile Legends Akan Segera Mati

9. Penerapan Cepat

Keuntungan berikutnya dari komputasi awan adalah memiliki aplikasi yang cepat. Ketika Anda menggunakan sistem ini, seluruh sistem akan berfungsi dengan cepat secara penuh. Namun, waktu yang dibutuhkan tergantung pada jenis teknologi yang Anda gunakan dalam bisnis Anda.

Manfaat menggunakan sistem cloud computing sangat banyak. selain apa yang telah kami sebutkan di atas, ada juga manfaat dan keunggulan komputasi awan, berikut adalah beberapa manfaat lainnya.

  • Layanan berbasis permintaan dan independen
  • Multi-tenancy
  • Menawarkan sistem komputasi yang kuat
  • Virtualisasi dengan cepat dan efektif
  • Layanan lunak dan berbiaya rendah
  • Memberikan keamanan canggih
  • Kemandirian perangkat dan lokasi
  • Selalu tersedia, dan secara otomatis menyesuaikan dengan peningkatan permintaan
  • Izin membayar per pengguna
  • Kontrol & antarmuka berbasis web
  • Akses API tersedia

#Kerugian Cloud Computing

1. Akses Berhenti

Menggunakan cloud computing terkadang juga memberikan ketidaknyamanan seperti gangguan teknis karena jumlah klien yang harus dihadapi setiap hari. Efek dari ini adalah bahwa kadang-kadang Anda harus mengalami masalah teknis dan menyebabkan bisnis Anda berhenti sementara. Selain itu, Anda juga mengalami masalah jika koneksi internet Anda mengalami offline. Jika internet Anda mati, maka Anda tidak dapat mengakses aplikasi, server, dan apa pun yang Anda simpan di cloud.

2. Keamanan

Sistem cloud computing juga tidak memiliki keamanan. Memang industri cloud telah menerapkan standar industri terbaik dan sistem keamanan sertifikasi. Penyimpanan data dan file penting di media eksternal selalu memiliki celah risiko. Kemudahan menggunakan layanan cloud juga dapat membuka peluang bagi para penjahat untuk memindai, mengidentifikasi, dan mengeksploitasi celah dari sistem.

3. Vendor Lock-In

Selanjutnya, teknologi cloud hingga saat ini belum sepenuhnya selesai dalam pengembangan. Jadi beralih ke layanan ini bukanlah sesuatu yang final karena cloud itu sendiri masih perlu dikembangkan. Mungkin, mereka mengalami kesulitan memigrasi layanan dari satu vendor ke vendor lainnya.

Baca juga: Keuntungan dan Kerugian dari Internet

4. Kontrolnya terbatas

Cloud sepenuhnya dikelola dan dikendalikan oleh penyedia layanan, mereka mengirimkan kontrol minimal kepada pengguna. Jadi, pengguna hanya dapat mengelola aplikasi, layanan yang dijalankan, dan data. Jadi pengguna tidak dapat mengontrol backend infrastruktur itu sendiri.

5. Masalah Teknis

Salah satu kelemahan menggunakan komputasi awan adalah ia rentan terhadap pemadaman. Masalah seperti ini juga dapat terjadi pada perusahaan penyedia layanan cloud terbaik. Meskipun mereka telah mencoba dengan sistem pertahanan yang tinggi.

6. rendah Bandwidth

Layanan cloud terkadang juga mengurangi bandwidth karena mereka dapat membatasinya untuk setiap pengguna. Jika perusahaan Anda melebihi kapasitas maka biaya tambahan bisa sangat mahal.

Kesimpulan

Semua perkembangan teknologi selalu kurang. Terlepas dari itu, teknologi ini adalah bagian yang berkembang pesat dari semua sistem komputasi jaringan.