Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Digital

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Digital

Posted on

Hidup di era teknologi digital memberikan banyak kemudahan. Bahkan seluruh sisi kehidupan bergantung pada teknologi. Manusia saat ini suka tidak dapat dipisahkan dari teknologi bahkan ke mana pun ia pergi, selalu disertai dengan teknologi di ponsel miliknya.

Pada artikel ini, kita akan melihat apa kelebihan teknologi digital dan kerugiannya. Semua hasil dari perkembangan teknologi tidak hanya memberikan manfaat dan manfaat tetapi juga menyimpan banyak kekurangan.

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Digital

Keuntungan Teknologi Digital

1. Ubah ukuran perangkat

Salah satu manfaat teknologi digital adalah membuat perangkat dari besar ke kecil. Ponsel yang kita bawa dan masukkan ke dalam saku kita adalah komputer masa lalu, kita bisa menjelaskan dunia dengan koneksi internet di ponsel kita. Tidak hanya itu, semua pekerjaan komputer diambil alih oleh ponsel dan bahkan lebih lengkap daripada komputer dari beberapa sisi. Anda dapat bermain game, mengambil foto, atau mengedit foto.

2. Perbankan dan Keuangan

Teknologi digital telah menawarkan layanan bank dan keuangan. Tidak dapat dipungkiri bahwa digitalisasi telah mengubah masalah keuangan kita saat ini. Perbankan dapat diakses secara online menggunakan ponsel, komputer, laptop atau tablet. Dengan menggunakan perangkat kecil seperti ponsel, kita dapat memeriksa keuangan kita, mendapatkan notifikasi dari uang masuk atau keluar. Bahkan perdagangan dapat dilakukan secara online. Anda juga dapat mentransfer uang melalui internet banking baik domestik maupun luar negeri, juga jika Anda menggunakan akun keuangan online seperti PayPal dan lainnya.

3. Mengurangi biaya

Kami tidak hanya dapat menikmati layanan berbayar seperti modem, koneksi internet tetapi juga dapat menikmati banyak layanan gratis seperti mengirim email, berkomunikasi dengan panggilan video, atau menjelajahi internet dengan layanan gratis. Perkembangan informasi melalui digitalisasi dapat memberikan kemudahan dan biaya rendah untuk semua orang, membeli barang, berbisnis, dan menghasilkan banyak uang secara online.

4. Efek pada Hiburan

Hiburan telah banyak berubah sekarang, jika di masa lalu banyak orang dimakamkan dengan permainan di lapangan, sekarang mereka dihibur dengan gadget mereka, posel, atau bermain game di komputer. Media penyiaran tradisional kini juga berkembang pesat seperti TV dan radio.

5. Berubahnya sistem pertahanan

Perkembangan teknologi tingkat tinggi juga dapat memengaruhi teknik pertempuran antar negara. Suatu negara hanya dapat melibatkan sistem secara digital tanpa harus mengerahkan tentara di medan perang. Sebagai contoh: Ada teknologi drone dan teknologi rudal yang dapat dikendalikan dari jarak jauh. Drone yang dikendalikan dari jarak jauh bisa menjadi pengganti prajurit yang bertarung di medan perang. Seiring waktu, perkembangan teknologi ini semakin canggih dan sepenuhnya otomatis.

6. Mendapatkan informasi dengan Cepat

Selanjutnya, transfer informasi lebih cepat melalui dunia online seperti melalui youtube, situs web, atau melalui jejaring sosial. Bahkan wadah untuk mendapatkan informasi di masa lalu kini telah didigitalkan seperti TV, atau radio. Sekarang semakin banyak sumber informasi bahkan dapat diperbarui setiap menit.

Kebanyakan orang menggunakan media sosial dan mereka aktif di sana. Jadi setiap kali ada informasi dan apa yang mereka alami, kebanyakan dari mereka langsung membagikannya di media sosial sehingga semua orang yang tertaut di media sosial akan melihat informasinya. Jadi, begitu banyak informasi hari ini dapat diserap oleh kami.

7. Efek pada Transportasi

Transportasi juga mengalami efek kemajuan teknologi digital. Sekarang banyak mobil, kereta telah mengubah sistem tradisional menjadi digital. Bahkan di masa depan, transportasi ini semuanya otomatis. Hanya memesan tiket pesawat sekarang dilakukan secara online atau digital. Selain itu, paspor kami, kartu penduduk dilengkapi dengan chip yang menyimpan data pribadi kami. Ini bertujuan untuk mempercepat proses inspeksi di bandara atau dalam pengaturan tertentu.

8. Editing

Teknologi digital memungkinkan pengeditan informasi dengan mudah. Kata demi kata, video dan gambar juga dapat diubah dengan mudah. Ini tidak bisa atau sangat sulit dilakukan menggunakan media tradisional.

9. Duplikasi Akurat

Lebih jauh, keunggulan teknologi digital adalah mampu menduplikasi media dengan benar. Jika Anda harus mengirim banyak email, Anda cukup mengirim file Anda ke banyak penerima. Begitu juga dengan dokumen video, audio, atau kata. Anda dapat menduplikasinya dengan sangat mudah dan mudah. Bahkan, pencetakan kini sedang dikembangkan untuk dapat mencetak gambar 3D, jika ini disadari maka perubahan besar telah terjadi dalam kehidupan manusia.

10. GPS dan Pemetaan

GPS telah memudahkan kita untuk membuka peta dunia, kita bisa pergi ke mana saja, dengan bantuan satelit semua bagian dunia dapat diakses melalui internet. Jika dulu kita hanya bisa melihat peta kertas, sekarang semuanya digital dan online.

Peta ini akan memudahkan kita untuk menemukan berbagai tempat dengan mudah, termasuk mencari bensin, restoran, atau tempat menginap. Semua bisa ditampilkan di GPS.

Kerugian Teknologi Digital

  • Jika terjadi kesalahan saat mendigitalkan, konsep informasi tidak dapat diartikan dengan benar. Misalnya, jika warna tidak lengkap dalam sistem teknologi digital, itu akan mencari warna lain yang mendekat. Jadi, warna yang muncul bisa akurat.
  • Banyak informasi komunikasi menggunakan perangkat analog, jadi untuk mendapatkan layanan teknologi digital, kita harus menggunakan analog-digital converter (ADC) dan digital-analog converter (DCA).
  • Jumlah biaya untuk mengganti perangkat komunikasi seperti telepon, tv, radio, dari sistem analog ke sistem digital.

Itulah beberapa manfaat teknologi digital dan kelemahannya. Data di atas masih belum lengkap karena masih banyak keuntungan lain menggunakan teknologi digital dan banyak kerugiannya.