Danau kaco, danau indah di tengah hutan kerinci
asal image nativeindonesia.com

Danau Kaco: Keindahan Danau Kerinci yang Bercahaya di Malam Hari

Posted on

Danau Kaco adalah sebuah danau di Kerinci yang termasuk dalam area taman nasional Kerinci. Danau kaco yang juga di sebut dengan danau kerinci terkenal dengan kejernihan airnya, apalagi jika anda melihatnya di malam hari saat bulan purnama. Kejernihan airnya menyebabkannya memancarkan cahaya kilauan di tengah hutan saat malam purnama. Sebuah keindahan yang luarbiasa yang tak boleh kalian lewatkan saat berwisata ke kerinci, Jambi.

Kejernihan airnya memungkinkan anda melihat dasar danau dengan jelas, bagi anda yang suka nerenang, begitu melihat kejernihan airnya anda pasti tak sabar ingin segera terjun untuk mandi disana.

Memang danau kaco tidak seluas danau lainnya, area danau hanya 90 meter namun danau ini mampu memikat siapa saja yang menyukai keindahan alam. kejernihan airnya adalah pancaran pesona danau kaco yang tak tertahankan bagi siapa saja. Letakknya memang di kerinci tetapi danau yang juga di sebut dengan danau kerinci ini tidak hanya di kunjungi oleh orang kerinci saja, tetapi dari jauh pun berdatangan untuk menikmati secuil kenidahan alam yang memanjakan mata ini.

Pesona danau kaco kerinci
Wikipedia

Untuk mengetahui beberapa informasi terkait danau kaco, simak ulasan berikut ini:

Pesona Danau kaco Di Tengah Hutan Kerinci

1. Lokasi danau Kerinci

Danau cantik nan mungil ini terletak di Jambi, Sumatra atau lebih tepatnya di Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Ini berada di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

bagi kalian yang ingin kesana, kalian juga bisa membuka Google map untuk mengetahui dengan jelas lokasinya.

2. Rute Menuju Danau Kaco

Rute Menuju Danau Kaco
serambijambi.id

Untuk bisa sampai ke danau jernih ini atau danau kerinci, anda harus menempuh perjalanan hampir 10 jam jika dari kota Jambi. Anda mengarahkan kendaraan anda ke sungai penuh, dan dari sini melanjutkan perjalanan menuju desa Lempur.

Jalan yang kurang bagus menuju kesana, maka sebaiknya anda berkunjung dengan motor saja, ini akan lebih aman dan mudah untuk menjelajahi rute danau kerinci. Dalam perjalanan menuju kesana, kalian juga akan melewati keindahan persawahan warga.

3. Tracking ke Danau Kaco

Setelah menempuh perjalanan yang lumayan jauh, penikmat alam khususnya danau kaco harus melakukan tracking terlebih dahulu. Anda harus menelusuri jalan setapak dengan keindahan dan rimbunnya pepohonan.

Di tengah perjalanan anda hanya melihat hijaunya hutan dengan pepohonan dan sesekali menemukan pohon besar dengan usia ratusan tahun. Jalannya agak menanjak dan berbatu sehingga anda kudu hati-hati saat melakukan tracking ini.

Permukaan jalan yang anda tempuh sangat sulit dan butuh perjuangan karena kondisinya tidak rata, bahkan kalau hujan anda akan melalui jalan yang berlumpur. Setidaknya kalian harus menempuh perjalanan melelahkan ini selama 2 jam.

Tapi jangan khawatir, kelelahan kalian akan terbayarkan manakala sampai di danau kaco atau danau kerinci. kejernihannya menunggu siapapun yang datang dan kamu pasti akan puas dengan apa yang disajikan danau kaco.

4. Jam Buka

Jam buka danau kerinci adalah 7 hari dalam seminggu dengan durasi waktu 24 jam non-stop. Namun mengingat medan yang kalian lalui sangat berat dan jauh, maka disarankan agar kalian datang di saat matahari masih bersinar.

Lokasinya yang tepat di tengah hutan, maka kamu harus membawa perbekalan termasuk lampu senter yang memadai, dan makanan yang kalian butuhkan.

5. Harga Tiket Ke Danau Kaco

Untuk menikmati keindahan danau Kerinci, kamu belum di pungut tiket alias tiket untuk ke danau kaco masih di gratiskan. jadi, dengan bebas kamu bisa menikmati keindahan danau kaco atau danau kerinci.

Ini adalah keindahan alam yang maha indah, untuk bisa menikmati kejernihan danau ini, kamu harus melawan rintangan perjalanan yang sulit dan jauh. Namun yang di pungut hanya tiket untuk parkir kendaraan saja.

6. Fasilitas Danau Kaco

Berbicara tentang fasilitas, yang ada hanya tempat parkir saja, sementara akomodasi lainnya belum ada. Mengingat letaknya yang jauh di tengah hutan, maka untuk menyediakan akomodasi mungin masih belum tersedia.

Jadi, kamu harus membawa persiapan sendiri termasuk makanan, baju ganti atau tempat tidur berupa kemah portable.

7. Daya Tarik

Begini Keindahan danau kerinci atau kaco
https://jadesta.kemenparekraf.go.id

Danau kaco atau di kenal dengan danau kerinci yang mungil ini memang sangat indah. Keindahannya bisa memukau banyak turis tidak hanya lokal namun juga manca negara. Banyaknya yang datang menjadi bukti bahkan danau di tengah hutan ini memang sangat indah adanya.

Bagaimana mungkin banyak yang datang ke tengah hutan, jika keindahan yang di sajikan tidak sepadan dengan rasa lelah yang telah di kuras selama perjalanan.

Beberapa daya tarik danau kaco adalah:

– Keunikan dan keindahannya

Keunikannya adalah airnya yang jernih dan bahkan bisa membuat anda tembus pandang hingga ke dasar danau yang dalam. Danau munguil ini juga hanya di tinggali oleh ikan-ikan kecil yang lari kesana kemari. Ini sangat indah sekali, airnya yang biru dan mempesona membuat anda yang baru melihatnya serasa ingin menceburkan diri anda kedalamnya.

Ada banyak kayu besar disamping danau yang bisa di gunakan sebagai tempat duduk bersantai. Jika kamu berenang, kamu harus hati-hati, sekalipun danaunya kecil namun hingga sekarang belum di ketahui seberapa kedalaman danau kaco ini.

Untuk pemula, sebaiknya kamu hanya berenang di pinggiran saja, atau mengambil air untuk minum, ini sebaiknya hanya di lakukan di pinggiran danau saja.

– Camping

Daya tarik selanjutnya adalah camping. Untuk lebih sempurna menyelam keindahan danau kaco atau anda ingin menuslis artikel tentangnya, maka berkemah adalah pilihannya. Dengan berkemah, anda bisa menikmatinya di malam hari, bahkan di malam purnama kamu bisa menikmati kejernihan air yang memancar hingga ke atas, yang tentu menimbulkan pantulan kilauan cahaya biru hingga ke atas danau.

Dimalam hari kamu juga bisa menikmati suara indahnya sang jangkrik yang saling bersahutan, sebuah kedamaian dan keromantisan saat kamu menikmatinya bersama pasangan halal kamu.

– Hunting Photo

Daya tarik danau kaco selanjutnya sebagai area untuk hunting Photo, keindahannya tidak bisa di lepaskan begitu saja tanpa ada dokumentasi yang memadai. Anda bisa membawa kamera untuk memotret beberapa sisi keindahan danau. Tidak afdhal kalau kalian yang datang jauh-jauh ke danau ini namun tidak mengabadikannya dengan kamera kesayangan kalian.

Berdiri di pinggir danau saja sudah sangat indah, kebiruan airnya membuat photo kamu terasa sangat menarik dan seperti di luar negeri. Apalagi kalian memotret didalam air dengan pemandangan biru yang mengesankan di tambah dengan adanya ikan kecil yang berkeliaran.

8. Legenda Danau Kaco

Danau kaco di tengah hutan kerici ini memiliki sejarah dan legenda masa lalu. Di kisahkan dahulu ada seorang raja bernama Raja Gagak yang memiliki seorang putri nan cantik jelita.

Namanya putri tersebut adalah Putri Napal Melintang, kecantikannya membuat semua pangeran masa itu terpesona. maka, waktu semua pangeran mencoba mempersunting sang putri cantik.

Dikisahkan bahwa pangeran-pangeran yang datang menyerahkan sebuah upeti sebagai tanda sudah ada ikatan janji untuk mempersunting sang putri. Ketamakan Raja gagak terhadap harta membuatnya menerima semua yang di kasih oleh setiap pangeran waktu itu.

Kemudian setelah menerima semua upeti sang raja[un bingung harus memilih yang mana dari sekian banyaknya upeti. Maka kemudian sang raja gagak membawa lari putrinya yang cantik serat semua upeti yang diambilnya. HIngga sampai di tengah hutan, sang raja kemudian menyimpan semua upeti itu di dasar danau kaco. Itulah cerita rakyat tentang danau biru nan mungil, dan konon itu pula yang membuat danau kerinci ini memancarkan sinar kilauannya di malam hari saat purnama tiba.

Lihat juga:

Tips Wisata Ke Danau Kaco

Jika anda berencana untuk wisata ke danau cantik ini, maka anda harus jauh-jauh hari mempersiapkannya. Soalnya medan yang berat, jarak yang jauh harus di persiapkan dengan matang perjalanannya. Ini beberapa tips wisata ke Danau Kaco, Kerici, Jambi.

  1. Pastikan cuaca saat anda tracking sedang cerah, jika hujan ini sangat berbahaya karena medan bisa licin.
  2. Bawqa makanan dan minuman dengan cukup karena tidak ada warung atau tempat persiadaan minuman selain air danau.
  3. Gunakan alas kaki yang nyaman untuk menelusir jalan setapak menuju lokasi, kamu bisa menggunakan sepatu gunung yang kedap air.
  4. Sebaiknya anda minta sama pengelola untuk diantar ke danau karena kurang ada petunjuk untuk sampai kesana. Namun poin ini mungkin anda harus merogoh kocek lagi untuk guider.
  5. Jaga keaslian dan kemurnian danau kerinci
  6. Hindari perbuatan yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain
  7. Siapkan gadget atau kamera kamu untuk menganadikan keindahan danau kerinci atau kaco.

Demikianlah sekilas tentang tempat wisata danau Kerinci. Termasuk tentang keindahan dan daya tarik danau kerinci atau kaco, jam buka, harga tiket ke lokasi danau, fasilitas yang disediakan dan legenda danau kaco yang terkenal itu. Semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Petualang yang suka menulis dan membagikan pengalaman perjalanannya kepada dunia. Ikuti terus kami dan support kami, semoga bermanfaat kawan!